Header Blog

Artikel - Tutorial - Berita - Promo

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Website

Pengertian Website

Definisi umum website adalah kumpulan halaman yang berisi konten informasi seperti text, gambar, audio, video, dll yang dapat diakses secara online melalui internet.

Berdasarkan media penyimpanan, website dibagi menjadi 2 jenis, yaitu

Website Static/Statis

Yaitu sebuah website dimana konten nya tidak dapat berubah, tapi bukan berarti tidak dapat dirubah, pemilik website tersebut masih bisa merubah konten nya tapi dengan merubah kode/script website tersebut atau secara manual. Tidak ada campur tangan database dalam website statis.

Kelebihan website statis :
  • Website lebih ringan
  • Ukuran file website biasanya kecil
  • Potensi di-hack kecil
Kekurangan website statis :
  • Repot jika akan melakukan update konten karena harus rubah script secara manual
  • Membutuhkan pengetahuan html dan css

Biasanya website statis cocok bagi mereka yang tidak membutuhkan update konten, untuk saat ini website statis mulai ditinggalkan karena kerepotan dalam penggunaannya meskipun masih ada beberapa orang/perusahaan menggunakan website statis tersebut untuk menampilkan profil mereka.

Website Dinamis

Yaitu sebuah website yang konten maupun tampilannya dapat berubah/dirubah dengan mudah, biasanya ada halaman back-end (administrator) dan front-end (tampilan depan website). Website dinamis membutuhkan campur tangan database karena konten yang diinput di halaman back-end, akan disimpan dalam database lalu kemudian baru dtampilkan di halaman front-end.

Kelebihan website dinamis :
  • Kemudahan pengelolaan konten website
  • Dapat memiliki fitur2 yang kompleks
Kekurangan website dinamis :
  • Pembuatan relatif lama dan lebih rumit
  • Ukuran database mempengaruhi kinerja website, dapat memperlambat jika ukuran database yg diambil terlalu besar
  • Potensi di-hack lebih besar

Website dinamis sudah banyak digunakan dan menggeser jauh pengguna website statis karena kemudahan, banyaknya platform/engine yg tersedia, dan perkembangan teknologinya.

 

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website boleh juga dikatakan sebagai kantor bagi perusahaan, dan sebagai toko bagi pedagang. Ada beberapa jenis website berdasarkan peruntukannya, yaitu :

Company Profile

Menampilkan informasi profil, produk/jasa, dan kontak perusahaan/UKM/UMKM maupun pribadi. Biasanya masih diharuskan melalui proses interaksi langsung antara customer dengan pengusaha/pemilik website tersebut.

E-commerce

Secara umum, banyak orang yang mengganggap e-commerce hanya sama dengan toko online, tapi ternyata website Travel, Ticketing, Listing Property juga masuk dalam website E-commerce. Website toko online biasanya meminimalisir interaksi langsung antara customer dengan pengusaha/pemilik website atau dalam artian dapat melakukan pembelian otomatis via website.

News Portal/Magazine

Anda pernah mengunjungi Detik.com? ya, website tersebut adalah website portal berita online.

Goverment/Pemerintahan

Isinya biasanya sama dengan website portal berita, hanya biasanya lebih kompleks dan ada aplikasi interaktif mengenai suatu informasi pemerintah tsb. Pemerintah Indonesia sendiri pun sudah mengeluarkan instruksi maupun undang-undang agar setiap unsur pemerintahan menggunakan teknologi informasi untuk pelayanan publik.

Masih banyak jenis website yang lain seperti website Sekolah/Akademis, dll. mungkin akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Unsur/Bagian Website

Kami tidak akan membahas bagian2 website melalui bahasa yang sulit tapi kami juga akan menganalogikannya sehingga mudah dicerna bagi yang awam.

Domain

Alamat suatu website contoh: Belineweb.com. Dapat dianalogikan sebagai alamat nomor rumah/kantor. Sama seperti alamat, nama domain tidak bisa sama satu dengan yang lainnya.

Hosting

Tempat penyimpanan file2 website agar bisa dibuka via online. Analoginya seperti kantor/toko/ruko tempat anda memajang/menaruh produk.

Desain Website

Tampilan sebuah website. Analoginya adalah bagaimana anda menyusun tata letak display produk anda agar diminati oleh calon customer.

 Cara Kerja Website

Silahkan cek ilustrasi dibawah

 

Manfaat Website

Indonesia memiliki 88,1 juta pengguna internet dari total populasi 259,1 juta jiwa dan merupakan pengguna internet terbanyak ke 6 di dunia. berikut kami lampirkan screenshot dari WeAreSocial yaitu sebuah agency global yang meneliti tentang perkembangan teknologi dunia.

 

Dan berikut dibawah adalah screenshot data perilaku pengguna website di Indonesia dalam bidang e-commerce/jual beli online.

 

Berdasarkan gambar diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa 27% pengguna internet di indonesia membeli produk dan jasa via online/internet dan 31% diantaranya mencari informasi tentang suatu produk dan jasa melalui internet.

Apakah website anda salah satu yang dicari oleh mereka?

Nah, mungkin anda bisa membayangkan jika produk dan jasa anda ditawarkan secara online melalui website, berapa potensi customer yang bisa anda dapatkan daripada memasarkan nya secara offline. Kami sebagai Jasa Pembuatan Website Profesional Murah, siap membantu anda untuk membantu pemasaran produk/jasa anda secara online melalui website. Sudah banyak klien kita yang terbantu bahkan boleh dikatakan memperbaiki perekonomian mereka dengan website.